Mengenal Lebih Dalam Tentang Akrilik

Akrilik merupakan plastik yang bentuknya menyerupai kaca. Namun, akrilik ternyata mempunyai sifat-sifat yang membuatnya lebih unggul dibandingkan dengan kaca. Salah satu perbedaanya adalah kelenturan yang dimiliki oleh akrilik. Akrilik merupakan bahan yang tidak mudah pecah, ringan, dan juga mudah untuk dipotong, dikikir, dibor, dihaluskan, dikilapkan atau dicat. Akrilik dapat dibentuk secara thermal menjadi berbagai macam bentuk yang rumit.

Sifatnya yang tahan pecah juga menjadikan akrilik sebagai material yang ideal untuk dipergunakan pada aplikasi di tempat-tempat di mana pecahnya material akan berakibat fatal, seperti salah satunya pada jendela kapal selam. Selain anti pecah dan tahan terhadap cuaca, akrilik juga tidak akan mengkerut atau berubah warna meskipun terkena paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Hal ini membuat semua produk dari bahan akrilik bisa digunakan di dalam atau di luar ruangan.

Beberapa sifat yang dimiliki oleh akrilik:

  • Bening dan transparan
  • Kuat, lentur, dan tahan lama
  • Aman untuk makanan karena mikroorganisme tidak mungkin berkembang
  • Dapat dibuat menjadi berbagai kategori bentuk yang sangat beraneka macam

Akrilik ekstrusi (Sumber: www.tapplastics.com)

Jenis-Jenis Akrilik

Terdapat dua jenis dasar akrilik, yaitu:

1. Akrilik ekstrusi

Lembaran akrilik ini lebih lembut dibandingkan dengan akrilik cetakan, lebih mudah tergores, dan mungkin juga mengandung kotoran. Namun, kebanyakan dari akrilik ekstrusi yang ada di pasaran bermutu sangat baik. Akrilik jenis ini merupakan pilihan yang paling baik untuk membuat plang, display, dan lainnya.

2. Akrilik cetakan

Akrilik ini memiliki mutu yang lebih baik daripada jenis ekstrusi, tetapi harganya juga lebih mahal. Akrilik ini juga lebih kuat dibandingkan dengan akrilik ekstrusi.

Kursi makan akrilik (Sumber: www.decoist.com)

Keunggulan Akrilik

  • Lebih ringan dibandingkan kaca
  • Lebih tahan benturan dibandingkan kaca
  • Tidak bereaksi pada sinar matahri
  • Tahan terhadap cuaca luar area
  • Dapat didaur ulang
  • Tahan pada reaksi kimia dibandingkan bahan plastik yang lain
  • Ramah lingkungan dan tidak mengandung racun
  • Mudah dibersihkan dan dirawat
  • Kejernihan akrilik dapat bertahan hingga bertahun-tahun
  • Transportasi dan pemasangan bahan bangunan akrilik lebih mudah dan murah

Kanopi akrilik (Sumber: bengkellaslistrik.com)

Akrilik untuk Kanopi Rumah

Untuk bangunan sendiri, akrilik paling banyak digunakan untuk kanopi rumah. Dibandingkan dengan kanopi kaca, memang kanopi akrilik jauh lebih kuat. Namun, karena bahan akrilik lebih kuat, harga kanopi akrilik juga lebih mahal dibandingkan dengan kanopi kaca. Warna akrilik yang paling banyak digunakan adalah polos (bening) dan putih. Warna polos dapat memberikan kesan bersih pada rumah, sedangkan warna putih dapat memberikan kesan sejuk karena sinar matahari tidak tembus ke dalam ruangan.

Tempat makeup akrilik (Sumber: www.twinlilies.com)

Selain untuk kanopi rumah, akrilik juga dapat digunakan untuk dekorasi ruangan, seperti contohnya rak dari bahan akrilik. Rak dari akrilik ini dapat menjadi elemen dekorasi yang unik pada rumah, karena sifatnya yang tembus pandang membuat akrilik dapat digunakan sebagai etalase pajangan Anda di rumah. Bahannya yang tembus pandang juga tidak akan membuat ruangan terlihat sempit.

Meja akrilik (Sumber: www.munizplastics.com)

 

Sumber:

http://www.acrylicac.net

http://boshargabangunan.com

https://www.arsitag.com/article/mengenal-akrilik



OUR PRODUCT

Print A3+

Spanduk/Backdrop

Print Buku (e-book)

Majalah