Apa perbedaan RGB dan CMYK?

RGB dan CMYK
RGB adalah singkatan dari Red-Green-Blue, tiga warna dasar yang dijadikan patokan warna secara universal (primary colors). Dengan basis RGB, kita bisa mengubah warna ke dalam kode-kode angka sehingga warna tersebut akan tampil universal. CMYK merupakan standar industri cetak saat ini. Singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow, dan K mewakili warna hitam. CMYK merupakan standar warna berbasis pigment-based, menyesuaikan diri dengan standar industri printing. Sampai saat ini, dunia cetak-mencetak memakai 4 warna dasar dalam membuat warna apa pun.

Warna CMYK adalah warna yang berdasar pada pigmen warna (zat warna) yang umumnya dipakai dalam teknologi pencetakan. Berbeda dengan RGB yang mengabaikan warna hitam, maka dalam CMYK mengabaikan warna putih (karena dianggap warna putih adalah warna bidang cetakan/kertas). Jika anda memeriksa tinta pada printer warna, maka anda akan menjumpai 4 warna tinta yaitu Cyan (biru kehijauan), Magenta (seperti pink tapi lebih tua), Yellow (Kuning) dan Black (Hitam).

Pada dasarnya printer dan monitor adalah dua perangkat yang berbeda, bahkan basis manajemen warnanya pun berbeda, monitor menggunakan mode RGB (seperti juga mata manusia-red) Sedangkan printer menggunakan CMYK. Yang satu menggunakan proses rasterisasi yang tingkat gradasinya lebih pendek yang satu menggunakan tingkat refleksi yang gradasinya lebih panjang. Coba lihat di Photoshop atau Corel dimana palet warna RGB menggunakan 255 tingkat gradasi sedang CMYK hanya 100 tingkat gradasi, pendek kata ada detail warna yang tidak bisa disimulasikan oleh printer (perangkat berbasis CMYK). Salah satu cara untuk mengatasi perbedaan dalam konversi warna dari RGB ke CMYK adalah 'kalibrasi'. Proses kalibrasi warna adalah proses pencocokan warna agar semua perangkat pemroses citra (image) menggunakan satu patokan yang serupa. Untuk itu di aturlah agar warna pada monitor sebagai perangkat yang jangkauan warnanya paling tinggi hanya menampilkan warna yang bisa di hasilkan oleh printer. Jadi nanti sewaktu kita akan mencetak hasilnya akan 'mirip' seperti yang kita liat di monitor. Memang sulit untuk membuat monitor dan printer bener bener sinkron, karena monitor mengacu pada sistem rgb dimana warna dasar yang dipergunakan 3 macam. Sedangkan printer sekarang rata-rata menggunakan cmyk yang 4 warna, malah ada yang menggunakan 6 atau 7 warna dasar. Lagi pula kualitas dan pengaturan brightnes dan contras monitor seringkali kita set manual. Memang ada profil buat kalibrasi tapi tidak mungkin bisa sama 100%.

(sumber :http://warnasparasi.blogspot.com/2013/04/apa-perbedaan-rgb-dan-cmyk.html)

Di Klick One Stop Printing kami rutin melakukan kalibrasi monitor dengan mesin, sehingga hasil cetak terjaga kualitasnya. Disamping itu juga sedang ada promo (member), cetak isi buku Rp1200 per lembar A3+ tanpa minimal order. Ayo order online sekarang.. :)

Kunjungi juga: Facebook Klick Digital Printing, Fanpage Klick Digital Printing, Google Plus Klick Digital Printing, Twitter Klick Digital Printing, dan Instagram Klick Digital Printing. :)



OUR PRODUCT

Roll Up Banner Outdoor & Indoor

Majalah

Poster

X-Banner & Y-Banner (Outdoor & Indoor)