Cara Merawat Scanner

Bingung untuk mengconvert file atau gambar fisik menjadi file data digital..?? Pakai saja Scanner.
Scanner atau yang sering kita ketahui sebagai alat yang digunakan untuk menduplikasikan gambar dari media kertas / fisik menjadi bentuk sebuah file / data digital, yang mana nantinya dapat diduplikasikan kembali atau diedit dengan mudah. Pada scanner terdapat beberapa bagian yang fungsinya berbeda-beda, antara lain bagian kaca scan, bagian tombol pengatur, dan bagian penutup. Menurut jenisnya, scanner terbagi dua macam, yaitu Plat Bed Scanner dan Hand-held Scanner. Perbedaannya adalah, Plat bed scanner merupakan scanner yang penggunaanya dilakukan dengan cara meletakan kertas (objek) yang akan discanner di antara penutup (cover) dengan lensa. Scaner jenis ini banyak digunakan di perkantoran karena lebih cepat dan efisien dalam melakukan scanner. Sedangkan yang kedua, jenis Hand-held scanner adalah scanner tangan yang banyak dipakai untuk menscan harga barang (barcode) di supermarket-supermarket. Oleh karena itu, cara merawat scanner tersebut sedikit berbeda karena fungsinya juga berbeda.

Cara merawat scanner dapat dilakukan sendiri, asalkan tahu fungsi dari bagian-bagian pada scanner. Merawat scanner sangat penting dilakukan karena dengan melakukan perawatan performa kerja scanner akan berjalan dengan baik. Beberapa permasalahan akibat jarang merawat scanner antara lain, gambar yang dihasilkan tidak akan jernih, terjadi penyimpangan pada hasil yang di scan, atau yang terparah adalah scanner tidak dapat berjalan dengan baik karena telah terjadi kerusakan.

Berikut beberapa tahap cara merawat scanner yang baik dan benar:

Cara Pertama : Membersihkan bagian permukaan kaca scan.

Bila sedang membersihkan bagian ini, maka gunakanlah kain pembersih yang memiliki permukaan halus dengan bahan microfiber, agar serat kain tidak tertinggal atau menempel pada kaca scan. Ketika sedang memindai materi dari majalah atau buku yang tebal, sebaiknya jangan menggunaka penutup scanner, atau memaksa menekannya sampai tertutup rapat. Karena bila dipaksakan, hal tersebut dapat menyebabkan engsel penutup scanner akan mengendur atau bahkan rusak.

Cara Kedua : Membersihkan kotoran/debu di dalam scanner.

Tentu saja untuk membersihkan bagian dalam scanner, kita harus membongkar scanner dan kemudian merangkainya kembali seperti semula. Masalah yang sering terjadi karena keberadaan kotoran atau debu yang menempel lama, sehingga menumpuk dan akan mengganggu kerja alat pemindai ini. Bila tetap didiamkan, maka akan menyebabkan goresan pada alat scan sehingga kerusakan yang ditimbulkan akan dapat memperparah kondisi scanner kita. Oleh karena itu, bersihkan bagian dalam scanner dengan kapas atau kain pembersih yang halus dengan bantuan sedikit cairan pembersih (alkohol).

(Sumber : http://klinik-it.blogspot.co.id/2013/01/cara-merawat-scanner-yang-benar.html )



OUR PRODUCT

Katalog Produk

Company Profile

Majalah

Stopmap